Skip to content

11. PE TANI RUMAHAN: BUDIDAYA BAWANG MERAH

1 Agustus 2011
Tanaman Bawang Merah

Tanaman Bawang Merah

Bismillah

Akhirnya setelah sekian lama terpendam keinginanku terwujud juga yaitu bercocok tanam. Sebenarnya salah satu cita-cita ku adalah menjadi petani, tetapi karena diperantauan jadi belum terealisasi.

Meskipun hanya bercocok tanam di depan rumah namun aku bisa menikmatinya sebagai sebuah aktivitas yang menyenangkan.

Tanaman yang pertama aku tanam adalah bawang merah ada beberapa pertimbangan. Pertama asalku dari Brebes jadi tidak asing dengan tanaman ini. Kedua kebutuhan dapur yang sangat urgen untuk memasak.

Aku ambil 20 siung bawang dari dapur lalu mulai deh menanam bawang merah tersebut di halaman rumah.

Lokasi penanaman berada di atas pagar. Tadinya ditanami bunga tapi aku ganti saja dengan tanaman semoga sukses, Dan insyaallah akan di update perkembangan tanaman bawang merahnya. Anda pun bisa mencobanya

28/07/11 = 1 HST

Tampak tanaman yang ditanam di atas pagar setelah tanah digemburkan terlebih dahulu28/07/11 = 1 HST

Lebih detail

Benih diambil dari stok bumbu di dapur simpel kan andapun bisa menanamnya di pot atau di halaman rumah anda

setelah satu pekan bawang merah yang ditanam mulai ada yang tumbuh, ya meskipun baru satu dari 20 yang ditanam. Kemungkinan masa dormansi bawang merah yang saya tanam masih lama,sehingga tidak cepat tumbuh dan juga. Ya maklum saja wong bawang merahnya saya beli dari pasar buat bumbu masak belum lama. Padahalkan biasanya bawang merah yang ada di pasaran kan masih basah karena baru dipanen.

Dan ini lah penampakannya:

8 HST

Memasuki pekan ke dua atau 15 HST baru ada 3 siung yang tumbuh dari 20 siung bawang yang ditanam. Sebenarnya sudah tumbuh akarnya semua tapi belum tumbuh daunnya /pucuknya.

15 HST

15 HST

Tanaman Yang Tinggi sudah lebih dari 15 cm

Tanaman Yang Tinggi sudah lebih dari 15 cm

Memasuki 21 HST,sudah 13 siung bawang yang sudah tumbuh, ada 1 siung yang busuk,jadi sudah ada 1 siung yang tudak tumbuh

21 HST mayoritas bawang merah sudah tumbuh

21 HST mayoritas bawang merah sudah tumbuh

untuk kelanjutannya bisa dibaca di sini

6 Komentar leave one →
  1. ummu.ubaidillah permalink
    7 Agustus 2011 3:31 am

    ‘afwan, mau tanya, saya pernah tanam bawang merah sebelumnya, kira2 sudah sampai 2 pekan, dan ukuran daunnya sudah mencapai tinggi +/- 10cm, kemudian daunnya mulai layu(jatuh ke bawah kemudian menguning, awalnya satu helai,kemudian seluruhnya dan tanaman mati), kebetulan saya tanam dalam polybag, dan waktu itu kondisi tanah basah, kira2, evaluasi dari cara bertanam saya apa yang salah?
    -kondisi tanah
    -penyiramannya bgmana
    -pupuk alaminya apa(kalau bisa tanpa pupuk bahan kimia/yang saya bisa buat sndiri dari bahan dapur lainnya)
    jazakumullahu khoir

    • ABU ABDILBARR permalink*
      11 Agustus 2011 1:42 pm

      Setahu saya bawang merah memang mempunyai penyakit layu daun,dan penyakit busuk daun/batang..Tapi tidak bisa menyimpulkan kearah sana..
      Saya juga baru menanam jadi belum ada masalah berarti, tapi seringnya kalau ibu-ibu menanam tanaman itu terlalu rajin di siram,setiap pagi bahkan kadang pagi dan sore 2 kali sehari..Wallahu a’lam

  2. 15 Oktober 2011 7:44 pm

    wow, eksperimen yang sangat bagus sekali. Saya sangat senang dengan adanya artikel ini

  3. 7 November 2011 5:17 pm

    Menarik juga menanam bawang merah dihalaman rumah.

  4. wah ..akan memotivasiku melanjutkan mnnam bawang merah di polybag permalink
    18 Februari 2013 12:51 am

    trimakasih info eksperimennya

  5. tyo d'Phrase permalink
    21 April 2013 1:30 pm

    bawang merah emang punya penyakit…tapi ada penangkalnya.klo daunnya layu n kuning biasanya krn ulat atau virus…harus segera disemprot.

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 37 pengikut lainnya.

