Skip to content

45. KISAH PETANI BERSAMA MUADZ BIN JABAL RODHIYALLOHU ‘ANHU

12 Juni 2008

jamaahDalam kitab-kitab hadits disebutkam tentang kisah mengenai seorang petani yang bekerja menyirami tanaman kurmanya menggunakan unta pada siang harinya. Tentunya pada malam harinya dia merasa kelelahan dan tidak mampu sholat berjama’ah dengan rokaat yang panjang.

Sebagaimana biasanya dia sholat bersama Muadz bin Jabal rodhiyallohu ‘anhu karena dia termasuk anggota kaumnya Muadz.

Muadz biasanya sholat ‘isya bersama Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam kemudian dia pulang menuju kaumnya dan mengimami mereka sholat isya-.
Pada suatu malam dia sholat isya bersama Muadz, dan Muadz pada waktu itu pada rokaat pertama membaca surat Al-Baqoroh sehingga petani tersebut memutuskan sholatnya bersama Muadz dan sholat sendirian. Sikapnya ini menjadi polemik antara dirinya, kaumnya dan Mu’adz.Maka dia melaporkan kejadian tersebut, dan Rosululloh malah marah kepada Mu’adz dan menyuruh dia memperhatikan keadaan makmumnya.

Kejadian ini adalah salah satu yang menjadi sebab perintah kepada Imam untuk meringankan sholat karena makmumnya mempunyai keadaan yang bermacam-macam: ada orang yang lemah, orang tua, orang sakit dan orang yang mempunyai keperluan.

Adapun hadits yang menceritakan kisah ini banyak sekali disebutkan dalam shohih Bukhori di beberapa tempat dalam Kitabus Sholah, ada juga di dalam dhohih muslim maupun sunan An-Nasai dan yang lainnya. Dan yang disebutkan di sini adalah yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam shohihnya:

Artinya: Telah menceritakan kepadaku Muhammad bin ‘Abbad, telah menceritakan kepada kami ‘Amr dari Jabir dia berkata “Adalah Muadz biasa sholat bersama Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam, kemudian pulang mendatangi kaumnya dan mengimami mereka. Pada suatu malam dia sholat ‘isya bersama Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam, kemudian dia mendatangi kaumnya lalu mengimaminya, dia membuka sholatnya dengan surat al-baqoroh. Maka ada seseorang yang berpaling (memisahkan diri) dan salam, kemudian dia sholat sendiri. Ketika sholat selesai, orang-orang berkata kepadanya “Apakah kamu munafik wahai fulan?. Dia berkata “Tidak, demi Alloh, dan benar-benar aku akan mendatangi Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam, dan menceritakannya (kejadian ini)” kemudian dia mendatangi Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam, lalu dia berkata “Wahai Rosululloh sesungguhnya kami adalah pemilik unta yang bekerja pada siang hari dan Muadz sholat ‘isya bersama kami kemudian dia membuka sholat dengan surat al-baqoroh”. Kemudian Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam memanggil Mu’adz lalu beliau bersabda : “Apakah kamu hendak membuat fitnah wahai Mu’adz!! Bacalah surat ini dan itu saja.”

Berkata Sufyan : “Aku berkata kepada Amer sesungguhnya telah menceritakan kepada kami Abuz Zubair dari Jabir bahwa dia berkata “Bacalah wasysyamsyi wa dhuhaaha, wadhdhuha, wallaili idza yaghsya dan sabbihisma robbikal a’la” Amer juga berkata semisal ini. (HR. Muslim no.709).

Berkata Imam Nawawi rohimahulloh ketika mensyarah shohih muslim:

Hadits ini menunjukkan bolehnya orang yang sholat fardhu sholat di belakang orang yang sholat sunnah, karena Muadz sholat wajibnya bersama Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam sehingga gugurlah kewajibannya, kemudian sholat untuk kedua kalinya bersama kaumnya maka sholat tersebut bagi Muadz adalah sholat sunnah sedangkan bagi kaumnya adalah sholat fardhu.

Dan boleh menghentikan sholat karena adanya suatu udzur.

Perkataan orang tersebut “Sesungguhnya kami adalah pemilik unta” dia maksudkan bahwa pemilik unta itu telah bekerja dan lelah, tidak mampu sholat sengan sholat yang panjang.

Adapun orang yang yang tersebut dalam hadits tersebut diperselisihkan namanya ada yang mengatakan dia adalah Hazm bin Ubay bin Ka’ab, ada juga yang mengatakan bahwa dia adalah Salim dan ada juga yang mengatakan bahwa namanya Harom paman Anas, sebagaimana dijelaskan dalam Fathul Bari. Tapi yang jelas orang tersebut adalah petani yang menyiram tanaman atau kurmanya dengan bantuan unta.

Referensi (CD Maktabah syamilah)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: