Skip to content

31. PERMISALAN SEORANG MUKMIN SEPERTI POHON KURMA

20 Oktober 2009

pohon kurmaDalam sebuah hadits yang diriwayat kan oleh Imam Bukhori dan Imam Muslim dari sahabat Ibnu Umar rodhiyallohu anhu  dia berkata: Tatkala Rosululloh sedang berada diantara kami , beliau bersabda: “Kabarkanlah sebuah pohon yang mirip dengan seorang mukmin?”  Dalam riwayat lain Ibnu Umar rodhiyallohu ‘anhu berkata: Saya berada bersama Rosululloh , waktu itu Nabi sedang memakan Jummar  (Jantung Pohon Kurma) tiba-tiba Rosululloh shollalohu ‘alaihi wa sallam berkata: “Dari bermacam-macam pohon ada sebuah pohon yang seperti seorang mukmin “ dalam riwayat yang lain “ Sesungguhnya dari bermacam-macam pohon ada sebuah pohon yang berkahnya seperti berkahnya seorang mukmin “ “kabarkanlah pohon apa itu?” dalam riwayat lain pohon ini tidak pernah gugur daunnya” dalam riwayat yang lain “Tidaklah kamu mengambil sebagian pohon tersebut melainka engkau akan mendapatkan manfaatnya”  dalam riwayat lain “Tidak ..” Ibnu Umar berkata: maka pikiran orang-orang terbawa kepada pohon-pohon yang ada di desa-desa tau lembah-lembah (mereka menyangka pertanyaannya sulit). Sementara aku mendengar pertanyaan itu terbetik dalam pikiranku bahwa itu adalah pohon kurma tapi aku malu, aku lihat abu bakar dan umar juga tidak menjawab, dan saya adalah yang paling muda maka saya malu kemudian Rosululloh menyebutkan bahwa jawabannya adalah pohon kurma” Kemudian aku mengatakan kepada umar  bahwa sebenarnya saya tahu jawabannya  tetapi saya malu” Umar berkata : “Wahai putraku seandainya engkau tadi menjawab pertanyaan tadi dengan kurma maka itu lebih aku sukai dari pada unta merah”

Ada yang mengatakan bahwa “Pohon kurma apabila diambil jantungnya akan mati begitu juga seorang mukmin. Juga ada yang mengatakan bahwa serbuk sari kurma seperti  bau air mani laki-laki. Tapi bukan ini penyebabnya, kalau ini sebabnya orang kafir juga sama mempunyai persamaan dengan pohon kurma

Para ulama menjelaskan persamaan antara orang mukmin dengan kurma adalah :

  1. Pohon kurma mempunyai akar yang menghujam ke dalam tanah dan cabangnya menjulang ke atas begitu pula seorang mukmin. Mempunyai akar dan cabang-cabang keimanan. Kita tahu bahwa iman itu bercabang-cabang ada tujupuluh sekian cabang. Akar iman adalah kalimat “La ilaha illalloh” apabila hilang kalimat La ilahaillalloh maka akan hilang keimanan pada seorang mukmin . Akar ini tertancap di dada seorang mukmin. Semakin banyak amal sholeh maka akan semakin tinggi cabang keimanan seseorang.
  2. Pohon kurma itu tidak akan bisa hidup tanpa mendapat siraman dan dirawat. Begitu pula dengan iman perlu disirami dan rawat. Iman dirawat dengan belajar agama dan melaksakan amal sholeh. Kunci kebahagian adalah terletak pada keimanan dan amal sholeh.
  3. Pohon kurma sangat bermanfaat bagi manusia, dari segala bagian pohon kurma. Begitupun seorang mukmin memberikan manfaat bagi  orang lain. Jangan sampai kita sebagai seorang mukmin yang enggan menyitakan dengan waktu, tenaga dan hartanya untuk membantu orang lain.

Demikianlah pada pembahasan ini, perlu diperhatikan bahwa kesamaan antara pohon kurma dengan seorang mukmin bukanlah kesamaan hakekat.

(disadur dari Kajian ustadz Firanda hafizhohulloh di: http://www.radiorodja.com/tag/ustadz-firanda

6 Komentar leave one →
  1. sedjatee permalink
    20 Oktober 2009 8:55 am

    siip.. blog yang inspiratif… mengkhususkan diri dalam pertanian islami… sangat bermanfaat.. tetap semangat n salam sukses…

    sedj
    http://sedjatee.wordpress.com

    • abuabdilbarr permalink*
      25 November 2009 8:36 pm

      alhamdulillah

  2. 25 November 2009 5:54 am

    keberadaan pohon kurma tersebut ada di mana ? saya tertarik ingin melihat pohon kurma dalam gbr anda

    • abuabdilbarr permalink*
      25 November 2009 3:08 pm

      Saya dapet di Google..Coba aja cari..

  3. ibrahim ali permalink
    1 April 2010 1:12 pm

    masha allah ……….

  4. noven permalink
    18 Desember 2010 10:25 pm

    subhanallah, blog yang menarik, apalagi saya juga dari pertanian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: