Lanjut ke konten

BIDARA (SIDR) :POHON YANG MEMPUNYAI KEHORMATAN/KEMULIAN #2

14 Mei 2011

Alloh aza wa jalla telah memuliakan beberapa tempat atas tempat-tempat lainnya, sebagaimana Alloh azza wa jalla telah memuliakan Kota Mekkah dan Madinah lebih mulia daripada tempat-tempat lain di muka bumi ini.

Alloh azza wa jalla telah memuliakan sebagian individu  atas individu-individu yang lainnya, sebagaimana memuliakan sebagian nabi atas sebagian yang lainnya.

Dan dijadikan untuk sebagian makhluk kemuliaan atas makhluk-makhluk lainnya.

Termasuk apa yang diharamkan karena merupakan pohon adalah pohon bidara.

Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda:

: قاطع السدر يُصوّب الله رأسه في النار

”Pemotong pohon bidara Alloh akan menunjuk  kepalanya di neraka.

HR Al-Baihaki di dalam As-sunan Al-kubro, dan Syaikh al-Albani rohimahulloh menshohihkannya dalam Shohihul Jami’

Pohon bidara terdapat dalam Al-Qur’an di banyak tempat, di antaranya

  1. Dalam Surat An-Najm yang menceritakan kisah Mi’roj nya Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam, beliau melihat Malaikat Jibril dalam bentuk aslinya dimana Jibril mempunyai 600 sayap.

Alloh azza wa jalla berfirman:

( أَفَتُمَارُونَهُ عَلَى مَا يَرَى * وَلَقَدْ رَآهُ نَزْلَةً أُخْرَى * عِندَ سِدْرَةِ الْمُنْتَهَى * عِندَهَا جَنَّةُ الْمَأْوَى * إِذْ يَغْشَى السِّدْرَةَ مَا يَغْشَى * مَا زَاغَ الْبَصَرُ وَمَا طَغَى * لَقَدْ رَأَى مِنْ آيَاتِ رَبِّهِ الْكُبْرَى )

“Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain.  (yaitu) di Sidratil Muntaha . Di dekatnya ada syurga tempat tinggal, . (Muhammad melihat Jibril) ketika Sidratil Muntaha diliputi oleh sesuatu yang meliputinya. Penglihatannya (muhammad) tidak berpaling dari yang dilihatnya itu dan tidak (pula) melampauinya. Sesungguhnya dia telah melihat sebahagian tanda-tanda (kekuasaan) Tuhannya yang paling besar”.  (QS. An-Najm : 13-15)

Imam Al-Bukhori dan Muslim telah meriwayatkan dari hadits Anas rodhiyallohu ‘anhu dari Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam dalam kisah Isro’ dan Mi’roj, Beliau bersabda: ”kemudian Jibril membawaku sampai di Sidrotul Muntaha, yang sedang diliputi sesuatu yang saya tidak mengetahuinya”. Dia berkata: “kemudian memasuki surga dan melihat didalamnya kubah-kubah yang terbuat dari mutiara dan tanahnya kasturi”.

Dalam riwayat lainnya: “Diperlihatkan kepadaku Sidrotul Muntaha , buahnya seperti tempayan besar, daunnya seperti telinga gajah, dan di pangkalnya ada 4 sungai: dua sungai bathin, dua sungai dhohir, maka aku bertanya kepada Jibril, maka dia menjawab: adapun dua sungai yang bathin di surga dan dua sungai yang dhohir adalah sungai Nil dan sungai Eufrat.

  1. Dalam Surat Al-Waqi’ah tentang kelompok kanan dari penghuni surga berada di bawah pohon bidara yang tidak berduri.

Alloh azza wa jalla berfirman:

( وَأَصْحَابُ الْيَمِينِ مَا أَصْحَابُ الْيَمِينِ * فِي سِدْرٍ مَّخْضُودٍ * وَطَلْحٍ مَّنضُودٍ * وَظِلٍّ مَّمْدُودٍ * وَمَاء مَّسْكُوبٍ * وَفَاكِهَةٍ كَثِيرَةٍ )

“Dan golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu. Berada di antara pohon bidara yang tidak berduri, dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya), dan naungan yang terbentang luas,dan air yang tercurah, dan buah-buahan yang banyak,”QS. al-Waqi’ah (56) : 27-32

Dalam tafsir disebutkan pohon bidara yang dimaksud adalah yang telah dihilangkan durinya ataupun  buahnya yang lebat, demikian pendapat Ibnu Abbas rodhiyallohu ‘anhuma.

Berkata Ibnu Katsir rohimahulloh setelah menukil beberapa pendapat (tentang pohon bidara dalam ayat tersebut): Dhohirnya yang dimaksud adalah pohon bidara di dunia banyak durinya dan sedikit buahnya, adapun di akhirat kebalikannya, tidak ada durinya dan buahnya banyak.

  1. Dalam Surat Saba ketika mengabarkan tentang kisah  Negeri Saba

Alloh subhanahu wa ta’alla berfirman:

( فَأَعْرَضُوا فَأَرْسَلْنَا عَلَيْهِمْ سَيْلَ الْعَرِمِ وَبَدَّلْنَاهُم بِجَنَّتَيْهِمْ جَنَّتَيْنِ ذَوَاتَى أُكُلٍ خَمْطٍ وَأَثْلٍ وَشَيْءٍ مِّن سِدْرٍ قَلِيلٍ )

Tetapi mereka berpaling, maka Kami datangkan kepada mereka banjir yang besar dan Kami ganti kedua kebun mereka dengan dua kebun yang ditumbuhi (pohon-pohon) yang berbuah pahit, pohon Atsl dan sedikit dari pohon Bidara (QS. Saba :16)

Pohon bidara mempunyai manfaat dan kegunaan,diantaranya:

  1. Daun Bidara digunakan  memandikan Jenazah

Daun bidara dapat membersihkan kotoran, oleh karena itu Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam berkata kepada para wanita yang sedang memandikan jenazah putrid  beliau zainab “Mandikanlah dia dengan basuhan ganjil, tiga, lima, atau lebih dari itu kalau kalian pandang perlu. Mandikan jenazahnya dengan air dicampur daun bidara, dan basuhan yang terakhir dicampur dengan sedikit kapur barus. (HR. Al-Bukhori dan Muslim).

Juga sabda Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam tentang seseorang yang berihrom kemudian meninggal karena terlempar oleh untanya sendiri:”Mandikanlah dia dengan air dan daun bidara”(HR Bukhori dan Muslim).

  1. Daun bidara dignakan untuk Pengobatan Penyakit Sihir dan Guna-guna.

Daun bidara juga bemanfaat-dengan izin Alloh tentunya- untuk pengobatan gangguan sihir, ‘ain (mata jahat) dan suami yang tercegah dari menggauli istrinya, oleh karena itu para ulama menjelaskan caranya adalah ambil tujuh helai daun bidara yang bagus, kemudian bacakan doa dan ruqyah, tumbuk dan campurkan ke dalam air kemudian air digunakan untuk mandi dan minum si sakit.

  1. Dan termasuk dari faidah Tanaman Bidara sebagaimana disebutkan oleh Ibnul Qoyyim rohimahulloh diantaranya: Buahnya bisa dimakan, mengobati diare, obat untuk penyakit perut, memperkuat fungsi hati dan empedu, meningkatkan nafsu makan, dll.
Pohon Bidara di Munjul,Cipayung Jakarta Timur, dikompleks SMP Ibnu Hajar Boarding School

Pohon Bidara di Munjul,Cipayung Jakarta Timur, dikompleks SMP Ibnu Hajar Boarding School

Pohon Bidara di Komplek SD Mutiara Islam Cileungsi Bogor

Pohon Bidara di Komplek SD Mutiara Islam Cileungsi Bogor

Sumber: http://www.saaid.net/Doat/assuhaim/187.htm

About these ads
74 Komentar leave one →
  1. erna permalink
    16 Juni 2011 12:25 am

    memang begitu besar karunia Allah kepada umat manusia….bolehkah saya minta info dimana saya bisa mendapatkan daun dari pohon itu….salah asatu saudara saya saat ini sangat membutuhkan daun tersebut

    • ABU ABDILBARR permalink*
      16 Juni 2011 11:17 am

      @mba erna
      Dimana lokasi anda?Biasanya di dekat masjid ada yang menanam,..
      Kalau di dekat tempat saya ada, di daerah Cileungsi Bogor

      • erna permalink
        21 Juni 2011 1:09 am

        saya tinngal di kediri

      • ABU ABDILBARR permalink*
        30 Juni 2011 2:55 pm

        wah di kediri mungkin banyak
        coba aja di daerah pare di yayasan thoifah almansurah

      • rani permalink
        9 September 2011 1:51 pm

        mas abu, bisa saya minta alamat di cilengsi tempat adanya daun bidara itu?

      • ABU ABDILBARR permalink*
        14 September 2011 3:37 pm

        Di halaman Masjid Imam Syafi’i samping SD Mutiara Islam di perumahan cileungsi permai

      • Mano jee permalink
        12 November 2011 11:00 am

        Saya di lamongan,apa ada pohon bidara di lamongan,saya membutuhkannya…

      • ABU ABDILBARR permalink*
        14 November 2011 3:52 pm

        Kalau di jawa timur saya taunya di daerah srowo sedayu gresik di dekat pesantren alfurqon, dulu waktu tahun 2004 saya kesana di situ banyak banget, ada dipinggir sungai dan tambak..

      • 31 Januari 2012 10:03 pm

        cileungsi nya dimn? apa blh sy minta no hp yg bs sy hub?

      • ABU ABDILBARR permalink*
        1 Februari 2012 4:10 pm

        sudah saya balas di email,tolong dicek

      • ABU ABDILBARR permalink*
        2 Februari 2012 11:55 am

        tolong dikirim alamat emailnya ke sugeng_sirampog@yahoo.co.id

      • 30 September 2012 4:06 pm

        Subhanallah…
        Bisakah saya mendapatkan bibit pohon bidara tersebut?
        Harapan saya jika dapat tanaman tersebut tumbuh, semoga Allah menjadikan bermanfaat bagi saya dan lingkungan di daerah saya tinggal.

    • 30 Desember 2012 11:28 pm

      Asslm Wlkm Wr Wb di sekitar tempat tinggal kami di Bali Selatan banyak pohon Bidara tumbuh secara alami karena memang iklim nya sangat sesuai , daerah yang agak kering namun cukup curah hujan dan kaya sinar matahari , kalau memang diperlukan kami akan coba bantu mengirimkan daun atau bibit sesuai ketersediaan dan kemampuan kami . Mohon di info alamat lengkap semoga bermanfaat . Wasslam

      • widya dewata nugraha permalink
        26 Maret 2013 3:09 am

        Assalamu’alaikum.
        Memang saya sangat berminat untuk memperoleh bibit bidara. Sejak awal tujuan saya tersebut adalah apabila bibit tersebut dapat tumbuh dan berkembang menjadi pohon yang besar dengan karunia dari Allah, maka nantinya akan diperuntukan bagi kepentingan sosial yang murni bersifat non profit bagi siapa saja yang memerlukannya di daerah tempat saya.
        Karena itu saya perlu mengetahui terlebih dahulu syarat dan kewajiban apa yang harus saya berikan kepada Saudara sebagai imbalan untuk mendapatkan bibit bidara tersebut agar sampai dan diterima di tempat saya. Seperti pengemasan bibit sebelum dikirim, biaya kirim dari tempat Saudara ke tempat tujuan saya, dsb. Sebagai informasi, saya berada di daerah Jakarta Pusat, tepatnya di jalan mardani raya.
        Maaf jika ada penyampaian saya yang kurang berkenan di hati Saudara, namun hal ini sangatah penting saya ketahui agar tidak memberatkan bagi siapapun.
        Wassalam.

      • yoyok mariawan permalink
        12 Mei 2013 10:25 pm

        ae beneh to! di bali liu punyan bekull (bidara) di
        peeg pasih.

      • anty permalink
        5 Juni 2013 2:06 pm

        ibu / mbakkk…..orang mardani…jakarta pusat yahh…saya juga…saya udah ketemu pohonnya ada kok di dekat mardani

      • jason permalink
        29 Juni 2013 11:33 pm

        mba / mas Anty, boleh saya minta alamat lengkapnya di mardani jika boleh saya juga ingin daun bidaranya. terima kasih saya ada di meruya jakarta barat.

  2. Roby permalink
    22 Agustus 2011 5:35 pm

    السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
    Bagaimana kalo ingin menanam pohon tersebut, apakah boleh untuk mencangkoknya?
    Terimakasih banyak

    • ABU ABDILBARR permalink*
      14 September 2011 3:40 pm

      Wa’alaikumussalam warahmatullahi wa barakatuh
      Kalau memotong atau mencangkok karena ada keperluan maka insyaallah tidak mengapa
      Selama tidak ada niatan untuk membuat kerusakan
      Wallahu a’lam

      • Rengki Susanti permalink
        19 Juli 2013 9:06 pm

        Mbak Atau mas, Bisa tolong kirimkan daun bidaranya kepadang? Adek saya Kena guna guna (sihir) Oleh Seseorang… Mohon bantuannya..

  3. 14 Oktober 2011 10:28 am

    assalamualaikum wr.wb
    memang maha besar allah atas karunia yang telah diberikan kepada kita,memang semua yang diciptakan allah itu semua bermanfaat bagi umat apa lagi tentang pertanian.
    di indonesia ini masih bayak tanaman yang belum terungkap manfaatnya,semoga kita dengan izin allah segera bisa diunkap.

  4. sajid permalink
    30 November 2011 7:52 am

    Apakah reaksi setelah minum herbal bidara ngantuk berlebihan, jadi bawaannya mau tidur terus ? Mohon penjelasan

    • ABU ABDILBARR permalink*
      1 Desember 2011 9:06 pm

      Maaf pak saya juga ga tau..

    • muhammad zamrony permalink
      19 Desember 2011 6:30 am

      salah satu reaksi herbal, terutama herbal Nabi(madu, habbatus sauda’, zaitun, kurma ‘ajwah dll, termasuk jg air ruqyah) adalah ngantuk, mual, muntah, BAB seperti diare dan berlendir bahkan mengeluarkan darah, insya Allah hal tersebut tidak menjadi masalah karena hanya reaksi herbal tersebut untuk sementara waktu sampai racun2 yang ada di dalam tubuh(perut)bersih.

    • yoga/jabbar arif permalink
      4 April 2012 3:54 pm

      sangat betul………minum perasan daun bidara emang bikin ngantuk….bijinya untuk obat

  5. muhammad zamrony permalink
    19 Desember 2011 6:20 am

    Mano jee: Lamongan mana? Insya Allah klo di Lamongan banyak, terutama di sekitar WBL. Pohon ini banyak tumbuh di daerah pantai, tambak dan kuburan. berdasarkan pengalaman, pohon ini tidak bisa kita tanam atau dicangkok(ada mahasiswa pertanian UNIBRAW yg sdh mencobanya) tetapi hanya bisa tumbuh liar bi idznillah.

  6. zawra ismiralda permalink
    20 Desember 2011 1:21 pm

    assalamu’alaikum
    saya tinggal di lampung,,kira kira dimana ya saya bisa mendapatkan daun bidara,kalau bisa saya ingin mencoba untuk menanamnya sebagai obat untuk diri saya dan orang terdekat saya… terimakasih

    • ABU ABDILBARR permalink*
      28 Desember 2011 11:32 am

      waalaikumussalam
      Maaf saya tidak tahu

    • 4 Juli 2012 4:43 pm

      Bidara ada bermacam2 jenisnya, di lampung kalau pernah kepantai ringgung silahkan di cari di pulau lahu di pinggir pantai, tapi yang ada bidara laut, buahnya sampai tua tetap kuning gak bisa merah dan bijinya hanya 1 sedangkan bidara asal arab 1 biji terdapat 2 benih dan cangkang sangat keras, dan di desa seribu arah ketapang way ratai ada juga bidara gunung, dan kalau mau menanam bidara asal arab bisa hubungi saya. atau silahkan berkunjung ke website saya. terimakasih

  7. umi permalink
    2 Januari 2012 9:25 am

    Asalamualaikum….pak abu…bolehkah saya minta info dimana saya bisa mendapatkan daun dari pohon bidara di sekitar tempat tinggal saya Lumajang. Saya sangat ingin mendapatkan daun tersebut untuk ksembuhan ibu saya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih…Wasalamualaikum…

    • ABU ABDILBARR permalink*
      30 Januari 2012 4:06 pm

      Wa’alaikumussalam
      coba tanyakan ke masjid-masjid di sekitar daerah ibu..saya tinggal di bogor

  8. 13 Januari 2012 8:49 pm

    di mana bisa kami dapatkan pohon bidara tersebut /bibitnya

    • ABU ABDILBARR permalink*
      30 Januari 2012 4:01 pm

      Coba saja cari disekitar daerah anda

    • 22 Mei 2012 1:30 pm

      di ma’had al ukhuwah sukoharjo jawa tengah ada pohon bidara dan biasanya ada santri yang jual bibitnya.

  9. indra muhammad baqir permalink
    26 Januari 2012 10:54 pm

    Assalamualaikum.. ya Akhi kebetulan saya mahasiswa tingkat akhir Jurusan Farmasi, saya ingin meneliti tentang keaktifan daun Bidara terhadap bakteri yang patogen mohon dukungannya, syukron..

  10. yudi sapto permalink
    29 Januari 2012 9:37 pm

    besar manfaat dari pohon bidara. Bagaimana cara menanam pohon bidara supaya dapat saya manfaatkan ditempat tinggal saya. Terima kasih.

    • ABU ABDILBARR permalink*
      30 Januari 2012 3:59 pm

      Saya juga belum menanamnya, katanya sih susah perbanyakannya dengan cangkok atau stek..bisanya menanam bijinya
      Wallahu a’lam

      • yudi sapto permalink
        18 Februari 2012 10:11 pm

        Ya. Terimakasih atas informasinya.

  11. Darnaka bagas widayat permalink
    20 Februari 2012 8:39 am

    saya tinggal di probolinggo ingin memperoleh pohon bidara bagaimana caranya

    • ABU ABDILBARR permalink*
      20 Februari 2012 4:12 pm

      saya tidak punya pohon bidara mas..

  12. Dessy permalink
    29 Februari 2012 9:54 pm

    Assalamualaikum Wr.Wb.
    Bagaimana kalau menggunakan daun bidara tersebut sebagai bisnis dengan tujuan mempermudah masyarakat dalam pemanfaatnya, khususnya untuk memandikan jenazah?
    Terima kasih. ^_^

  13. 9 Maret 2012 8:33 pm

    saya ada pohon bidara.ini alamat saya:jabbar arif/okga ds sumorame 01/01 kec.candi kab.sidoarjo jawa timur hp 081703927645 insyaalloh sy bisa membantu

  14. usmiyah permalink
    10 Maret 2012 8:58 am

    terima kasih atas infonya,tapi saya belum dapat menemukannya,saya dah cari di kuburan2 n menanyakannya pada orang2 disekitar kuburan namun banyak yang tidak tahu,subhaanaallah

  15. wahyuni wibowo permalink
    21 Maret 2012 2:29 pm

    assalamu’alaikum, jika anda menginginkan madu khusus dari pohon dan bunga Sidr, bisa contact saya. asli dari yaman.

  16. budiman rusli permalink
    25 Maret 2012 6:10 am

    ass kalau disemarang,dimana saya dapatkan tanaman bidara tk

    • 9 Agustus 2012 3:03 pm

      Kalau disemarang di Masjid pekojan MT. Haryono, atau Masjid LDII Di jl. Supriyadi dekat Lampu Merah Mardimulyo Supriyadi Semarang

  17. MURDIANTO permalink
    31 Maret 2012 12:33 pm

    Assalamu’alaikum, wr wb.
    Sedulurku yang membutuhkan daun bidara tersebut silahkan hub saya : 031-71601713, Murdianto Anggono – Jl. Harun Tohir 20. Medaeng – Waru – Sidoarjo. jujur saya belum punya pohon bidara tersebut tapi didekat rumah saya ada pohonnya yang sudah sangat tua, peninggalan seorang ulama jaman dulu. Biasanya kalo saya butuh untuk pengobatan atau yang lain, saya minta kepada ahli warisnya dan diijinkan untuk mengambil sebanyaknya.
    Terimakasih, salam sungkem.
    Wassalamu’alaikum.

  18. lili warni permalink
    11 April 2012 11:43 am

    saya tinggal di Baturaja, skr saya sngat membutuhkan daun bidara. gimana cranya saya mau mendapatkan daun bodara/

    • 11 April 2012 1:59 pm

      bagi yang tinggal disekitar tangerang. saya punya pohon 1 pohon bidara,bagi yang membutuhan daun atau mencangkok silahkan datang aja. gratis saya sodaqohkan. konfirmasi silahkan di 081385449077

  19. komala permalink
    24 April 2012 7:53 am

    assalamu alaikum
    kalau d daerah batam d mana adanya? saya mau mencangkoknya

  20. 6 Mei 2012 11:43 pm

    Assalamualaikum.

    ” ambil tujuh helai daun bidara yang bagus, kemudian bacakan doa dan ruqyah, tumbuk dan campurkan ke dalam air kemudian air digunakan untuk mandi dan minum si sakit”

    mohon bimbingannya untuk doa dan ruqyahnya.
    dan jika yg sakit tidak mau di ruqyah bagaimana cara mengobatinya.

  21. Agus permalink
    16 Mei 2012 8:51 am

    Assalamu’alaikum..
    Pak Abu sampai brp lama/ kali mandi dg air campuran daun bidara tsb, utk menetralisir tubuh dari pengaruh gangguan sihir.
    Agus_Pekalongan

  22. ismail permalink
    21 Mei 2012 3:32 pm

    Saya tinggal di karawang.
    Anda Tau ga kira-kira di daerah saya dimana bisa saya temukan pohon Bidara??

  23. 22 Mei 2012 12:44 pm

    Bismillah.
    Assalamualaikum.
    Info: di ma’had Al Ukhuwah Sukoharjo Jawa Tengah ada pohon bidara dan biasanya santri ada yang jual bibitnya.

    • abu zahid kd. andriwijaya permalink
      11 Juni 2012 10:08 am

      asslm alkm maaf apakah daunnya bulat bergerigi (paling besar sebesar uang Rp. 500,- kuningan), rantingnya berduri seperti mawar, bisa minta no. telpon dan alamat jelasnya Ma’had al-Ukhuwah Sukoharjo. 0852 2389 0000, abu zahid. syukron jazakumullah khoiron katsiron

  24. abu zahid kd. andriwijaya permalink
    11 Juni 2012 10:18 am

    Assalamu a’laikum saudara muslim mohon infonya tentang Bidara/ Sidr yang ciri-cirinya sbb: daunnya bulat bergerigi (paling besar sebesar uang Rp. 500,- kuningan), tulang daunnya bercabang tiga, rantingnya berduri seperti mawar, kontak 0852 2389 0000, abu zahid (Cibaduyut- Bandung) syukron jazakumullah khoiron katsiron

  25. siwdi permalink
    12 Juni 2012 7:25 am

    dimana saya bisa mendapatkan daun bidara tersebut?
    saya tinggal di Palu Sulawesi Tengah
    terima kasih

  26. 13 Juni 2012 3:54 pm

    Assalamu’alaikum
    Info: Di kota Tuban banyak ditemukan bidara. Sepanjang pesisir dari Tambakboyo – Tuban InsyaAllah banyak.

    Silahkan datang saja.

    • 14 Juli 2012 12:31 am

      Coba perhatikan daunnya mas, yang disekitar pantai biasannya bidara laut, bijinya lonjong tidak seperti bidara arab, dan buahnya sampai tua tetap kuning tidak merah, daunnya tidak memiliki tiga tulang daun yang membujur seperti daun bidara arab, mudah tumbuh dengan batang dari pada biji. dan bijinya hanya terdapat 1 benih seperti biji melijo, sedangkan pohon bidara arab ( sidr ) dalam 1 biji terdapat 2 benih yang di sekat oleh kulit yang keras seperti batok kelapa.

  27. 18 Juni 2012 11:53 am

    terimakasih pencerahannya…ijin share ya ustadz

  28. sa'idah rasyidah permalink
    22 Juni 2012 8:41 pm

    ap sja manfaat dri daun bidara?

  29. 3 Juli 2012 1:17 am

    kalau ada yang kepingin nanam pohon bidara bisa hubungi saya gan

  30. 7 Juli 2012 9:16 pm

    saya ada pohon bidara..orang tua saya membawa bibitnya waktu dinas di madina…ini akun fb saya bila ada yang membutuhkan;jual beli bahan jamu atau jamu tradisional ,atau bisa langsung menghubungi saya di 083849455006

  31. 10 Juli 2012 4:42 pm

    kalau anda butuh bidara arab…saya bisa bantu…hub 081703927645

  32. 6 Agustus 2012 11:34 pm

    bagi yang ingin menanam pohon bidara asal arab, saya menjual bibit bidara berupa biji maupun yang sudah tumbuh. silahkan kunjungi blog saya atau sms/call 08994246789 buat admin saya ucapkan terimakasih atas artikelnya yang sangat menarik.

  33. Murdianto permalink
    5 Oktober 2012 1:36 pm

    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokahtu,
    Sedulurku, bila memang membutuhkan daun bidara baik yang mau datang langsung maupun dikirimkan, silahkan hubungi saya di nomor flexy 031-71601713, InsyaALLAH akan saya bantu asalkan serius. Terimakasih. Wassalamu;alaikum Warahtullahi Wabarokahtu.

    Salam Sungkem
    Murdianto Anggono

  34. 19 Desember 2012 11:01 am

    Assalamua’laikum, saya tinggal di Pekanbaru Riau, dimana bisa mandapatkan pohon bidara????

  35. Tri dwiyadi permalink
    5 Februari 2013 8:10 pm

    Assalamu’alaikum saya tri tinggal dikebayoran lama jak selatan,saya mohon infonya dmn saya bs mendapatkan pohon bidara dkt daerah saya tinggal,krn istri saya sngt membutuhkan,jazakallahu khair

  36. Agus permalink
    23 April 2013 6:13 pm

    Asl Wr Wb, saya sudah 59 tahun baru tau pohon yg tumbuh dipekarangan rumah saya di Pangkalpinang Bangka itu pohon Sidr namanya.Sudah ada disitu sejak kakek saya dan selalu diminta orang daunnya untuk memandikan jenazah. sejak kecil saya tahu namanya bidara saja. buahnya kuning kemerahan, enak rasanya. sepertnya di bangka hanya ada satu satunya pohon tersebut. banyak yang coba mencangkok, tapi tidak pernah berhasil. wassalam HR Agus Erwin

  37. 5 Mei 2013 3:33 am

    Wah masih rame nih pembaca nya, saya cuma ingin mengucapkan terimakasih kepada yang punya blog, karena artikel ini ternyata sangat bermanfaat, membuka pengetahuan tentang daun bidara, yang selama ini banyak dari kita yang belum tahu, dan mengingatkan kita dari sunah – sunah yang belum pernah kita kerjakan. Jazakallah Khairan

  38. 5 Mei 2013 1:12 pm

    Kalau buahnya bgmana Akhi? manfaatnya seperti apa?

Lacak Balik

  1. POHON BIDARA (SIDR): TANAMAN YANG MEMPUNYAI KEHORMATAN/KEMULIAN – Penasehat Herbal dan Konsultan Arsitek

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 31 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: