Skip to content

40. Kamus Istilah Tumbuh-tumbuhan Dalam Al-Qur’an

8 Juli 2012

بسم الله الرحمن الرحيم

Kamus Istilah Tumbuh-tumbuhan di Dalam Al-Qur’an

Abb

Terdapat di Surat ‘Abasa ayat 31

“Dan buah-buahan serta rumput-rumputan

Abb adalah rumput yang tumbuh di padang rumput dan terkadang dimutlak kan untuk setiap tumbuhan yang tumbuh di tanah.

Atsal

Lihat Surat Saba’ ayat 16

“Tetapi mereka berpaling, maka Kami datangkan kepada mereka banjir yang besar dan Kami ganti kedua kebun mereka dengan dua kebun yang ditumbuhi (pohon-pohon) yang berbuah pahit, pohon Atsl dan sedikit dari pohon Sidr”.

Atsal adalah pohon yang sejenis cemara dengan nama latin Tamarix aphylla ( L) Karsten . Atsal ini juga disebutkan di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim rahimahumallah ketika menjelaskan tentang kayu yang digunakan membuat mimbar Rasulullah صلى الله عليه وسلم

Ahwa

Lihat surat Al-A’la ayat 5

lalu dijadikan-Nya rumput-rumput itu kering kehitam-hitaman”.

Ahwa dimutlakan pada kumpulan tumbuhan asam dan termasuk family Chenopodiaceae.

Al-Aykah

Lihat surat As-Syuara’ 176, shad 13 dan Qaf 14

Al-Aykah adalah kumpulan pohon.

Bashal (بصل)

Lihat surat Al-Baqarah 61

 Dan (ingatlah), ketika kamu berkata: “Hai Musa, kami tidak bisa sabar (tahan) dengan satu macam makanan saja. Sebab itu mohonkanlah untuk kami kepada Tuhanmu, agar Dia mengeluarkan bagi kami dari apa yang ditumbuhkan bumi, yaitu sayur-mayurnya, ketimunnya, bawang putihnya, kacang adasnya, dan bawang merahnya“. Musa berkata: “Maukah kamu mengambil yang rendah sebagai pengganti yang lebih baik ? Pergilah kamu ke suatu kota, pasti kamu memperoleh apa yang kamu minta”. Lalu ditimpahkanlah kepada mereka nista dan kehinaan, serta mereka mendapat kemurkaan dari Allah. Hal itu (terjadi) karena mereka selalu mengingkari ayat-ayat Allah dan membunuh para Nabi yang memang tidak dibenarkan. Demikian itu (terjadi) karena mereka selalu berbuat durhaka dan melampaui batas”

Bashal termasuk tanaman Bawang merah (Allium cepa L) termasuk family Liliaceae.

Dan Bashal juga disebutkan di dalam hadits-hadits seperti perkataan Rasulullah صلى الله عليه وسلم

 ( من أكل ثوما أو بصلا فليعتزلنا – أو فليعتزل مسجدنا – وليقعد في بيته )

“Barangsiapa makan bawang putih atau bawang merah hendaknya ia menjauhi kami. Atau beliau bersabda, hendaknya ia menjauhi masjid kami dan diam di rumahnya.

Maksudnya memakan bawang  yang tidak dimasak, yang mengeluarkan bau yang mengganggu orang lain. Hadits ini tidak mengharamkan bawang merah dan bawang putih akan tetapi menunjukkan adab islam yaitu menjauhi hal yang mengganggu orang lain dengan bau yang tidak sedap terutama ketika di masjid.

Baql (بقل)

Lihat surat Al-Baqarah 61

 Dan (ingatlah), ketika kamu berkata: “Hai Musa, kami tidak bisa sabar (tahan) dengan satu macam makanan saja. Sebab itu mohonkanlah untuk kami kepada Tuhanmu, agar Dia mengeluarkan bagi kami dari apa yang ditumbuhkan bumi, yaitu sayur-mayurnya, ketimunnya, bawang putihnya, kacang adasnya, dan bawang merahnya”. Musa berkata: “Maukah kamu mengambil yang rendah sebagai pengganti yang lebih baik ? Pergilah kamu ke suatu kota, pasti kamu memperoleh apa yang kamu minta”. Lalu ditimpahkanlah kepada mereka nista dan kehinaan, serta mereka mendapat kemurkaan dari Allah. Hal itu (terjadi) karena mereka selalu mengingkari ayat-ayat Allah dan membunuh para Nabi yang memang tidak dibenarkan. Demikian itu (terjadi) karena mereka selalu berbuat durhaka dan melampaui batas”

Arti dari Baql banyak, ada yang mengartikan sayur-mayur, ada juga yang menyebutkan termasuk family Leguminosae, ada juga yang mengartikan setiap tumbuhan hijau.

Tiin (تين)

Lihat surat At-Tiin ayat 1

“Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun”

[Yang dimaksud dengan “Tin” oleh sebagian ahli Tafsir ialah tempat tinggal Nabi Nuh, yaitu Damaskus yang banyak pohon Tin; dan “Zaitun” ialah Baitul Maqdis yang banyak tumbuh Zaitun.

Buah Tiin sudah dikenal oleh kita,tanamannya berasal dari Jazirah Arab (Syam) dengan nama latin Ficus carica.

Bersambung insyaallah

One Comment leave one →
  1. 5 Desember 2012 2:56 pm

    sambungan kami tunggu berkaitan kamus alqur,an untuk buah-buahan dan sayur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: